MINGKAR MINGKURING UKORO
AKARONO KARENAN MARDI SIWI
SINAWUNG RESMINING KIDUNG
SINUBO SINUKARTO
MRIH KRETARTO PAKARTINING ILMU LUHUNH
KANG TUMRAP ING TANAH JOWO
AGOMO AGEMING AJI
JINEJER ING WEDHOTOMO
MRIH TAN KEMBO KEMBENGANING PAMBUDI
MONGKO NADYAN TUWO PIKUN
YEN TAN MBIKANI ROSO
YEKTI SEPI SEPO LIR SEPAH ASAMUN
SAMANGSANE PAKUMPULAN
GONYAK GANYUK NGLELINGSEMI
TAN SAMAR PAMORING SUKMO
SINUKMOYO WINAHYO ING NGASEPI
SINIMPEN TELENING KALBU
PAMBUKANING WARONO
TARLEN SAKING LIYEP LAYAPING NGALUYUP
PINDHO PESATING SUPONO
SUMUSUPING RASA JATI
Serat Wedhotomo Merupakan ajaran Kaluruhan bagaimana membangun BUDI PEKERTI (Pangkur Sembah Raga/Ruh Syariat
1
|
Mingkar
mingkuring ukara,
Akarana
karanan mardi siwi,
Sinawung
resmining kidung,
Sinuba
sinukarta,
Mrih
kretarta pakartining ngelmu luhung
Kang
tumrap neng tanah Jawa,
Agama
ageming aji.
|
Meredam
nafsu angkara dalam diri,
Hendak
berkenan mendidik putra-putri
Tersirat
dalam indahnya tembang,
dihias
penuh variasi,
agar
menjiwai hakekat ilmu luhur,
yang
berlangsung di tanah Jawa (nusantara)
agama
sebagai “pakaian” kehidupan.
|
2
|
Jinejer
neng Wedatama
Mrih tan
kemba kembenganing pambudi
Mangka
nadyan tuwa pikun
Yen tan
mikani rasa,
yekti sepi
asepa lir sepah, samun,
Samangsane
pasamuan
Gonyak
ganyuk nglilingsemi.
|
Disajikan
dalam serat Wedhatama,
agar
jangan miskin pengetahuan
walaupun
sudah tua pikun
jika tidak
memahami rasa sejati (batin)
niscaya
kosong tiada berguna
bagai
ampas, percuma sia-sia,
di dalam
setiap pertemuan
sering
bertindak ceroboh memalukan.
|
3
|
Nggugu
karsaning priyangga,
Nora
nganggo peparah lamun angling,
Lumuh ing
ngaran balilu,
Uger guru
aleman,
Nanging
janma ingkang wus waspadeng semu
Sinamun
ing samudana,
Sesadon
ingadu manis
|
Mengikuti
kemauan sendiri,
Bila
berkata tanpa dipertimbangkan (asal bunyi),
Namun tak
mau dianggap bodoh,
Selalu
berharap dipuji-puji.
(sebaliknya)
Ciri orang yang sudah memahami (ilmu sejati) tak bisa ditebak
berwatak
rendah hati,
selalu
berprasangka baik.
|
4
|
Si pengung
nora nglegawa,
Sangsayarda
deniro cacariwis,
Ngandhar-andhar
angendhukur, Kandhane nora kaprah,
saya elok
alangka longkanganipun,
Si wasis
waskitha ngalah,
Ngalingi
marang si pingging.
|
(sementara)
Si dungu tidak menyadari,
Bualannya
semakin menjadi jadi,
ngelantur
bicara yang tidak-tidak,
Bicaranya
tidak masuk akal,
makin aneh
tak ada jedanya.
Lain
halnya, Si Pandai cermat dan mengalah,
Menutupi
aib si bodoh.
|
5
|
Mangkono
ngelmu kang nyata,
Sanyatane
mung weh reseping ati,
Bungah
ingaran cubluk,
Sukeng
tyas yen denina,
Nora
kaya si punggung anggung gumrunggung
Ugungan
sadina dina
Aja
mangkono wong urip.
|
Demikianlah
ilmu yang nyata,
Senyatanya
memberikan ketentraman hati,
Tidak
merana dibilang bodoh,
Tetap
gembira jika dihina
Tidak
seperti si dungu yang selalu sombong,
Ingin
dipuji setiap hari.
Janganlah
begitu caranya orang hidup.
|
6
|
Urip
sepisan rusak,
Nora mulur
nalare ting saluwir,
Kadi ta
guwa kang sirung,
Sinerang
ing maruta,
Gumarenggeng
anggereng
Anggung
gumrunggung,
Pindha
padhane si mudha,
Prandene
paksa kumaki.
|
Hidup
sekali saja berantakan,
Tidak
berkembang, pola pikirnya carut marut.
Umpama goa
gelap menyeramkan,
Dihembus
angin,
Suaranya
gemuruh menggeram,
berdengung
Seperti
halnya watak anak muda
masih pula
berlagak congkak
|
7
|
Kikisane
mung sapala,
Palayune
ngendelken yayah wibi,
Bangkit
tur bangsaning luhur,
Lha iya
ingkang rama,
Balik sira
sarawungan bae durung
Mring
atining tata krama,
Nggon
anggon agama suci.
|
Tujuan
hidupnya begitu rendah,
Maunya
mengandalkan orang tuanya,
Yang
terpandang serta bangsawan
Itu kan
ayahmu !
Sedangkan
kamu kenal saja belum,
akan hakikatnya
tata krama
dalam
ajaran yang suci
|
8
|
Socaning
jiwangganira,
Jer katara
lamun pocapan pasthi,
Lumuh asor
kudu unggul,
Semengah
sesongaran,
Yen
mangkono keno ingaran katungkul,
Karem ing
reh kaprawiran,
Nora enak
iku kaki.
|
Cerminan
dari dalam jiwa raga mu,
Nampak
jelas walau tutur kata halus,
Sifat
pantang kalah maunya menang sendiri
Sombong
besar mulut
Bila
demikian itu, disebut orang yang terlena
Puas diri
berlagak tinggi
Tidak baik
itu nak !
|
9
|
Kekerane
ngelmu karang,
Kekarangan
saking bangsaning gaib,
Iku boreh
paminipun,
Tan
rumasuk ing jasad,
Amung
aneng sajabaning daging kulup,
Yen
kapengok pancabaya,
Ubayane
mbalenjani.
|
Di dalam
ilmu yang dikarang-karang (sihir/rekayasa)
Rekayasa
dari hal-hal gaib
Itu umpama
bedak.
Tidak
meresap ke dalam jasad,
Hanya ada
di kulitnya saja nak
Bila
terbentur marabahaya,
bisanya
menghindari.
|
10
|
Marma ing
sabisa-bisa,
Bebasane
muriha tyas basuki,
Puruita-a
kang patut,
Lan
traping angganira,
Ana uga
angger ugering kaprabun,
Abon
aboning panembah,
Kang
kambah ing siyang ratri.
|
Karena itu
sebisa-bisanya,
Upayakan
selalu berhati baik
Bergurulah
secara tepat
Yang
sesuai dengan dirimu
Ada juga
peraturan dan pedoman bernegara,
Menjadi
syarat bagi yang berbakti,
yang
berlaku siang malam.
|
11
|
Iku kaki
takok-eno,
marang para
sarjana kang martapi
Mring
tapaking tepa tulus,
Kawawa
nahen hawa,
Wruhanira
mungguh sanyataning ngelmu
Tan mesthi
neng janma wredha
Tuwin
mudha sudra kaki.
|
Itulah
nak, tanyakan
Kepada
para sarjana yang menimba ilmu
Kepada
jejak hidup para suri tauladan yang benar,
dapat
menahan hawa nafsu
Pengetahuanmu
adalah senyatanya ilmu,
Yang tidak
harus dikuasai orang tua,
Bisa juga
bagi yang muda atau miskin, nak !
|
12
|
Sapantuk
wahyuning Gusti Allah,
Gya
dumilah mangulah ngelmu bangkit,
Bangkit
mikat reh mangukut,
Kukutaning
jiwangga,
Yen
mengkono kena sinebut wong sepuh,
Lire sepuh
sepi hawa,
Awas
roroning atunggil
|
Siapapun
yang menerima wahyu Tuhan,
Dengan
cermat mencerna ilmu tinggi,
Mampu
menguasai ilmu kasampurnan,
Kesempurnaan
jiwa raga,
Bila
demikian pantas disebut “orang tua”.
Arti “orang
tua” adalah tidak dikuasai hawa nafsu
Paham akan
dwi tunggal (menyatunya sukma dengan Tuhan)
|
13
|
Tan samar
pamoring sukma, Sinuksmaya winahya ing ngasepi,
Sinimpen
telenging kalbu,
Pambukaning
warana,
Tarlen
saking liyep layaping aluyup,
Pindha
pesating sumpena,
Sumusuping
rasa jati.
|
Tidak lah
samar sukma menyatu
meresap
terpatri dalam keheningan semadi,
Diendapkan
dalam lubuk hati
menjadi
pembuka tabir,
berawal
dari keadaan antara sadar dan tiada
Seperti
terlepasnya mimpi
Merasuknya
rasa yang sejati.
|
14
|
Sejatine
kang mangkana,
Wus
kakenan nugrahaning Hyang Widhi,
Bali
alaming ngasuwung,
Tan karem
arameyan,
Ingkang
sipat wisesa winisesa wus, Mulih mula ulanira. Mulane wong anom sami.
|
Sebenarnya
ke-ada-an itu merupakan anugrah Tuhan,
Kembali ke
alam yang mengosongkan,
tidak
mengumbar nafsu duniawi,
yang
bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal muasalmu
Oleh
karena itu,
wahai anak
muda sekalian…
(lanjut ke
SINOM)
|
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.