SINOM (Sembah
Cipta/Kalbu/Tarekat)
|
||
15
|
Nulada
laku utama
Tumrape
wong Tanah jawi,
Wong agung
ing Ngeksiganda,
Panembahan
Senopati,
Kepati
amarsudi,
Sudane
hawa lan nepsu,
Pinepsu
tapa brata,
Tanapi ing
siyang ratri,
Amamangun
karyenak tyasing sesama.
|
Contohlah
perilaku utama,
bagi
kalangan orang Jawa (Nusantara),
orang
besar dari Ngeksiganda (Mataram),
Panembahan
Senopati,
yang
tekun, mengurangi hawa nafsu, dengan jalan prihatin (bertapa),
serta
siang malam
selalu
berkarya membuat hati tenteram bagi sesama (kasih sayang)
|
16
|
Samangsane
pasamuan, mamangun marta martani,
Sinambi
ing saben mangsa,
Kala
kalaning asepi,
Lelana
teki-teki,
Nggayuh
geyonganing kayun,
Kayungyun
eninging tyas,
Sanityasa
pinrihatin,
Puguh
panggah cegah dhahar lawan nendra.
|
Dalam
setiap pergaulan,
membangun
sikap tahu diri.
Setiap ada
kesempatan,
Di saat
waktu longgar,
mengembara
untuk bertapa,
menggapai
cita-cita hati,
hanyut
dalam keheningan kalbu.
Senantiasa
menjaga hati untuk prihatin (menahan hawa nafsu),
dengan
tekad kuat, membatasi makan dan tidur.
|
17
|
Saben
mendra saking wisma,
Lelana
lalading sepi,
Ngingsep
sepuhing supana,
Mrih pana
pranaweng kapti,
Tis tising
tyas marsudi,
Mardawaning
budya tulus,
Mesu reh
kasudarman,
Neng
tepining jalanidhi,
Sruning
brata kataman wahyu dyatmika.
|
Setiap
mengembara meninggalkan rumah (istana),
berkelana
ke tempat yang sunyi (dari hawa nafsu),
menghirup
tingginya ilmu,
agar jelas
apa yang menjadi tujuan (hidup) sejati.
Hati
bertekad selalu berusaha dengan tekun,
memperdayakan
akal budi
menghayati
cinta kasih,
ditepinya
samudra.
Kuatnya
bertapa diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).
|
18
|
Wikan
wengkoning samodra,
Kederan
wus den ideri,
Kinemat
kamot hing driya,
Rinegan
segegem dadi,
Dumadya
angratoni,
Nenggih
Kangjeng Ratu Kidul,
Ndedel
nggayuh nggegana,
Umara
marak maripih,
Sor
prabawa lan wong agung Ngeksiganda
|
Memahami
kekuasaan di dalam samodra seluruhnya sudah dijelajahi,
“kesaktian”
melimputi indera
Ibaratnya
cukup satu genggaman saja sudah jadi, berhasil berkuasa,
Kangjeng
Ratu Kidul,
Naik
menggapai awang-awang,
(kemudian)
datang menghadap dengan penuh hormat,
kepada
Wong Agung Ngeksigondo.
|
19
|
Dahat
denira aminta,
Sinupeket
pangkat kanthi,
Jroning
alam palimunan, ing pasaban saben sepi,
Sumanggem
anyanggemi,
Ing karsa
kang wus tinamtu,
Pamrihe
mung aminta,
Supangate
teki-teki,
Nora
ketang teken janggut suku jaja.
|
Memohon
dengan sangat lah beliau,
agar
diakui sebagai sahabat setia, di dalam alam gaib,
tempatnya
berkelana setiap sepi.
Bersedialah
menyanggupi,
kehendak
yang sudah digariskan.
Harapannya
hanyalah meminta
restu
dalam bertapa,
Meski
dengan susah payah.
|
20
|
Prajanjine
abipraya,
Saturun-turuning
wuri,
Mangkono
trahing ngawirya,
Yen amasah
mesu budi,
Dumadya
glis dumugi,
Iya ing
sakarsanipun,
Wong agung
Ngeksiganda,
Nugrahane
prapteng mangkin,
Trah
tumerah dharahe padha wibawa.
|
Perjanjian
sangat mulia,
untuk
seluruh keturunannya di kelak kemudian hari.
Begitulah
seluruh keturunan orang luhur,
bila mau
mengasah akal budi
akan cepat
berhasil,
apa yang
diharapkan orang besar Mataram, anugerahnya hingga kelak dapat mengalir di
seluruh darah keturunannya, dapat memiliki wibawa.
|
21
|
Ambawani
tanah Jawa,
Kang padha
jumeneng aji,
Satriya
dibya sumbaga,
Tan lyan
trahing Senopati,
Pan iku
pantes ugi,
Tinelad
labetipun,
Ing
sakuwasanira,
Enake lan
jaman mangkin,
Sayektine
tan bisa ngepleki kuna.
|
Menguasai
tanah Jawa (Nusantara),
yang
menjadi raja (pemimpin),
satria
sakti tertermasyhur,
tak lain
keturunan Senopati,
hal ini
pantas pula
sebagai
tauladan budi pekertinya,
Sebisamu,
terapkan di zaman nanti,
Walaupun
tidak bisa
persis
sama seperti di masa silam.
|
22
|
Lowung
kalamun tinimbang,
Ngaurip
tanpa prihatin,
Nanging ta
ing jaman mangkya,
Pra mudha
kang den karemi,
Manulad
nelad nabi,
Nayakengrat
gusti rasul,
Anggung
ginawe umbag,
Saben seba
mampir masjid,
Ngajab-ajab
tibaning mukjijat drajat.
|
Mending
bila dibanding orang hidup tanpa prihatin,
namun di
masa yang akan datang (masa kini),
yang
digemari anak muda,
meniru-niru
nabi, rasul utusan Tuhan,
yang hanya
dipakai untuk menyombongkan diri,
setiap
akan bekerja singgah dulu di masjid,
Mengharap
mukjizat agar mendapat derajat (naik pangkat).
|
23
|
Anggung
anggubel sarengat,
Saringane
tan den wruhi,
Dalil
dalaning ijemak,
Kiyase
nora mikani,
Ketungkul
mungkul sami,
Bengkrakan
mring masjid agung,
Kalamun
maca kutbah,
Lelagone
Dandanggendis,
Swara arum
ngumandhang cengkok palaran
|
Hanya
memahami sariat (kulitnya) saja, sedangkan hakekatnya tidak dikuasai,
Pengetahuan
untuk memahami makna dan suri tauladan tidaklah mumpuni
Mereka
lupa diri, (tidak sadar)
bersikap
berlebih-lebihan di masjid besar,
Bila
membaca khotbah
berirama
gaya dandanggula (menghanyutkan hati),
suara
merdu bergema gaya palaran (lantang bertubi-tubi).
|
24
|
Lamun sira
paksa nulad,
Tuladhaning
Kangjeng Nabi,
O, ngger
kadohan panjangkah,
Wateke tan
betah kaki,
Rehne ta
sira Jawi,
Sathithik
bae wus cukup,
Aywa guru
aleman,
Nelad kas
ngepleki pekih,
Lamun
pangkuh pangangkah yekti karahmat.
|
Jika kamu
memaksa meniru,
tingkah
laku `Kanjeng Nabi,
Oh, nak
terlalu naif,
Biasanya
tak akan betah nak,
Karena
kamu itu orang Jawa,
sedikit
saja sudah cukup.
Janganlah
sekedar mencari sanjungan,
Mencontoh-contoh
mengikuti fiqih,
apabila
mampu,
memang ada
harapan mendapat rahmat.
|
25
|
Naging
enak ngupa boga,
Reh ne ta
tinitah langip,
Apata
suweting Nata,
Tani
tanapi agrami,
Mangkono
mungguh mami,
Padune
wong dahat cubluk,
Durung
wruh cara arab,
Jawaku wae
tan ngenting,
Parandene
paripaksa mulang putra.
|
Tetapi
seyogyanya mencari nafkah,
Karena
diciptakan sebagai makhluk lemah,
Apakah mau
mengabdi kepada raja,
Bercocok
tanam atau berdagang,
Begitulah
menurut pemahamanku,
Sebagai
orang yang sangat bodoh,
Belum
paham cara Arab,
Tata cara
Jawa saja tidak mengerti,
Namun
memaksa diri mendidik anak.
|
26
|
Saking duk
maksih taruna,
Sadhela
wus anglakoni,
Aberag
marang agama,
Maguru
anggering kaji,
Sawadine
tyas mami,
Banget wedine
ing mbesuk,
Pranatan
ngakir jaman,
Tan tutug
kaselak ngabdi,
Nora kober
sembahyang gya tinimbalan.
|
Dikarenakan
waktu masih muda,
Keburu
menempuh belajar pada agama,
Berguru
menimba ilmu pada yang haji, maka yang terpendam dalam hatiku, menjadi
sangat
takut akan hari kemudian,
Keadaan di
akhir zaman,
Tidak
tuntas keburu “mengabdi”
Tidak
sempat sembahyang terlanjur dipanggil.
|
27
|
Marang
ingkang asung pangan,
Yen
kesuwen den dukani,
Abubrah
kawur tyas ingwang,
Lir
kiyamat saben ari,
Bot Allah
apa Gusti,
Tambuh
tambuh solahingsun,
Lawas
lawas nggraita,
Rehne ta
suta priyayi,
Yen
mamriha dadi kaum temah nistha.
|
Kepada
yang memberi makan,
Jika
kelamaan dimarahi,
Menjadi
kacau balau perasaanku,
Seperti
kiyamat saban hari,
Berat
“Allah” atau “Gusti”,
Bimbanglah
sikapku,
Lama-lama
berfikir,
Karena
anak turun priyayi,
Bila ingin
jadi juru doa (kaum) dapatlah nista,
|
28
|
Tuwin
ketip suragama,
Pan ingsun
nora winaris,
Angur baya
ngantepana,
Pranatan
wajibing urip,
Lampahan
angluluri,
Kuna
kumunanira,
Kongsi
tumekeng samangkin,
Kikisane
tan lyan amung ngupa boga.
|
begitu
pula jika aku menjadi pengurus dan juru dakwah agama.
Karena aku
bukanlah keturunannya,
Lebih baik
memegang teguh
aturan dan
kewajiban hidup,
Menjalankan
pedoman hidup
warisan
leluhur dari zaman dahulu kala hingga kelak kemudian hari.
Ujungnya
tidak lain hanyalah mencari nafkah.
|
29
|
Bonggan
kan tan merlok-na,
Mungguh
ugering ngaurip,
Uripe lan
tri prakara,
Wirya arta
tri winasis,
Kalamun
kongsi sepi,
Saka
wilangan tetelu,
Telas
tilasing janma,
Aji godhong
jati aking,
Temah papa
papariman ngulandara.
|
Salahnya
sendiri yang tidak mengerti,
Paugeran
orang hidup itu demikian seyogyanya,
hidup
dengan tiga perkara;
Keluhuran (kekuasaan), harta (kemakmuran),
ketiga ilmu pengetahuan.
Bila tak
satu pun dapat diraih dari ketiga perkara itu,
habis lah
harga diri manusia.
Lebih
berharga daun jati kering, akhirnya mendapatlah derita, jadi pengemis dan
terlunta.
|
30
|
Kang wus
waspadha ing patrap,
Manganyut
ayat winasis,
Wasana
wosing jiwangga,
Melok
tanpa aling-aling,
Kang
ngalingi kalingling,
Wenganing
rasa tumlawung,
Keksi
saliring jaman,
Angelangut
tanpa tepi,
Yeku
ingaran tapa tapaking Hyang Suksma.
|
Yang sudah
paham tata caranya,
Menghayati
ajaran utama,
Jika
berhasil merasuk ke dalam jiwa,
akan
melihat tanpa penghalang,
Yang
menghalangi tersingkir,
Terbukalah
rasa sayup menggema.
Tampaklah
seluruh cakrawala,
Sepi tiada
bertepi,
Yakni
disebut “tapa tapaking Hyang Sukma”.
|
31
|
Mangkono
janma utama,
Tuman
tumanem ing sepi,
Ing saben
rikala mangsa,
Masah
amemasuh budi,
Laire
anetepi,
Ing reh
kasatriyanipun,
Susilo
anor raga,
Wignya met
tyasing sesami,
Yeku aran
wong barek berag agama.
|
Demikianlah
manusia utama,
Gemar
terbenam dalam sepi (meredam nafsu),
Di
saat-saat tertentu,
Mempertajam
dan membersihkan budi,
Bermaksud
memenuhi tugasnya sebagai satria,
berbuat
susila rendah hati,
pandai
menyejukkan hati pada sesama,
itulah
sebenarnya yang disebut menghayati agama.
|
32
|
Ing jaman
mengko pan ora,
Arahe para
taruni,
Yen antuk
tuduh kang nyata,
Nora pisan
den lakoni,
Banjur njujurken
kapti,
Kakekne
arsa winuruk,
Ngandelken
gurunira,
Panditane
praja sidik,
Tur wus
manggon pamucunge
Mring
makripat
|
Di zaman
kelak tiada demikian,
sikap anak
muda bila mendapat petunjuk nyata,
tidak
pernah dijalani,
Lalu hanya
menuruti kehendaknya,
Kakeknya
akan diajari,
dengan
mengandalkan gurunya,
yang
dianggap pandita negara yang pandai,
serta
sudah menguasai makrifat.
|
Wednesday, May 23, 2018
SINOM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Entri Populer
-
Lamun Kedutan : 1. Saranduning awak kabeh tandane arep ndeleng kaendahan 2. Sirahe tandane arep oleh dahulate ratu 3. Embun-embunan tandane ...
-
Dalam Istilah Adat Jawi Sudah menjadi bentuk pengakuan dalam sebuah hari atau waktu mempunyai sebutan Naga atau dapat kita sebut Naga h...
-
1. Ing sirah tengen aran MANIK HARGA, akeh begjane lan kasembadan sabarang karepe. 2. Ing sirah iring kiwa, aran JEMJEM, ora nduweni kekence...
-
Ramalan Bintang Zodiak Tanggal 9 - 15 Maret 2018 Ramalan Bintang Zodiak Tanggal 9 - 15 Maret 2018 ini merupakan sebuah ramalan untuk hibura...
-
1. Di sembur ula, oleh jodho. Dicokot ula, dialani wong. oleh purugan ula mandi, diewani boone. weruh luang/lubang ana ulane pada mati utawa...
-
YEN ANA LINDU ING SASI : 1. sura awan, akeh lelara lan prihatin, yen mbengi/malam hari larang pangan 2. Sapar awan, akeh wong pada ngalih p...
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.